Cara Mengambil / Mencairkan Pembayaran Google Adsense

Tutorial cara mengambil atau mencairkan permbayaran GA (Google Adsense) sebenarnya dibuat untuk para pemula. Ternyata setelah diperhatikan di beberapa forum dan group di FB (Facebook), masih banyak yang belum mengerti bagaimana cara mencairkan uang dari Google Adsense.

Ada yang nanya, kapan pembayaran GA saya nyampe rumah? GA saya sudah lebih dari $100, tapi kok blom cair ya? dan masih banyak lagi pertanyaan serupa yang kadang membuat saya senym-senyum sendiri karena teringat waktu pertama kali tembus $100 dan pengen cepet-cepet mencairkannya. :D

Jadi, pembayaran Google Adsense itu ada beberapa cara dan metode yang sering dipake oleh publisher Indonesia adalah melalui cek dan WU (Western Union). Karena melalui cek proses cair-nya ribet dan butuh waktu yang lumayan, sebagian publisher sekarang menggunakan metode pembayaran melalui WU. Kenapa WU, karena pencairannya cepat! asal sudah ada MTCN (Money Transfer Control Number) atau bahasa gaulnya PIN :) langsung deh bisa cair.

Biasanya, pembayaran GA dilakukan pada akhir bulan sekitar tanggal 25 keatas. Pembayaran GA paling cepat yang pernah saya rasakan bulan April 2012 kemarin tanggal 25 sudah PI (Payment Issued) dan paling lambat tanggal 30, tapi rata-rata biasanya tanggal 28.

Ada 2 istilah yang akan sangat familiar di dengar pada akhir bulan (waktu pembayaran GA) yaitu PIP (Payment in Progress) dan PI (Payment Issued). Penjelasan tentang PIP dan PI ini akan saya bahas di posting yang lain biar artikelnya gak panjang.

Baiklah, berikut tutorial cara mengambil atau mencairkan pembayaran dari GA (Google Adsense)
#1. Anda harus login dulu ke akun GA anda google.com/adsense
#2. Pada "Finalized earnings", klik "Details"

#3. Pada "Last issued payment", klik "view details in payment history"

#4. Disitu akan ada detil pembayaran alias PI (Payment Issued), kalau sudah ada MTCN (Money Transfer Control Number) artinya uang anda sudah bisa dicairkan, lebih jelasnya klik "Statement of Earnings"

#5. Anda akan melihat lebih detil rincian pembayaran atau statement earning dari GA (Google Adsense) seperti gambar ini

Apa yang perlu anda lakukan dengan statement earning tadi? yang diperlukan untuk mencairkan uang pembayaran GA anda adalah 2 foto-copy identitas (KTP/SIM/Paspor), alamat lengkap pengirim (dalam hal ini Google) dan MTCN (Money Transfer Control Number) alias PIN.

Anda bisa mencairkan uang anda di tempat-tempat yang berlogo WU (Western Union) seperti Bank, Pegadaian, Indomaret atau di kantor pos. Kalau biasanya di kantor pos atau di pegadaian karena proses cepat dan gak ribet. Good Luck!
Share on Google Plus

About ZIQ

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment