SEO (Search Engine Optimization)

Search Engine Optimization atau disebut juga dengan SEO adalah ilmu untuk mengoptimalkan blog supaya crawler search engine seperti Google atau Yahoo maksimal dalam mengambil informasi/data dalam blog kita. SEO sangat penting bagi sebuah blog untuk mendatangkan pengunjung dan meningkatkan traffic. Untuk menempatkan blog kita pada posisi yang bagus di SEO tidaklah mudah, karena kita harus memiliki kriteria-kriteria yang harus terpenuhi. Disini saya akan memberikan sedikit penjelasan bagaimana memulai SEO dari awal pembuatan blog secara aman. Aman dimaksud agar blog yang dioptimasi terbebas dari ancaman black list dan memiliki pondasi yang kuat untuk dikembangkan lebih lanjut.

1. Keyword Research
Memilih keyword yang tepat sesuai dengan content/isi blog yang anda buat, keyword dengan tingkat persaingan paling sedikit, namun memiliki audience yang paling banyak. Kesalahan memilih keyword merupakan kesalahan fatal dalam SEO. Jadi anda harus cermat dalam hal ini.  

2. Memilih Domain
Domain adalah investasi yang sangat berharga, jika anda berhasil membangun sebuah blog yang berkualitas, harga domain anda otomatis akan melambung. Untuk keperluan SEO, usahakanlah memilih domain dengan melibatkan keyword yang telah anda tentukan sebelumnya.

3. Menyiapkan Content
SEO adalah proses bertahap, dan setiap tahap harus anda lakukan secara benar. Sebab untuk mendapatkan rangking yang baik, bisa membutuhkan waktu berbulan-bulan bahkan lebih dari setahun, tergantung dari tingkat persaingan keyword anda. Pada saat anda menulis content jangan lupa untuk menggunakan keyword-keyword yang sudah anda pilih sebelumnya. Gunakanlah keyword ini secara wajar sehingga content tetap enak untuk dibaca. Jangan memaksakan penggunaan keyword secara berlebihan.  

4. Submission Tahap Pertama 
Selanjutnya adalah mendapatkan sebuah inbound link, yaitu link dari blog lain yang memiliki topik dengan sejenis dengan blog kita. Saat ini anda hanya memerlukan satu link, tapi usahakan link tersebut dari blog yang memiliki PageRank tinggi. Anda bisa melakukan submit ke direktori lain yang sudah tercukup kenal.

5. Menunggu Sambil Menyiapkan Content 
Setelah blog anda online dan mendapatkan 1 inbound link yang berkualitas, tunggu dua minggu sambil menyiapkan content tambahan. Langkah ini untuk memberikan kesempatan kepada search engine agar mengenali domain anda atau link referrer atau inbound link yang sudah anda dapatkan sebelumnya. Dengan cara ini blog anda akan masuk ke listing search engine tanpa harus melakukan submission langsung ke search engine akan dengan mudah mengetahui topik dari blog anda.

6. Penambahan Content Secara Bertahap
Penambahan halaman sebaiknya diatur secara berkala. Anggap saja anda pada saat ini memiliki 10 artikel baru. Penambahan 2 artikel perminggu sebagai halaman baru akan lebih baik daripada memasang 10 artikel tersebut sekaligus, dan setelah itu tidak pernah ada tambahan lagi.  

7. Penambahan Inbound Link Secara Bertahap
Seiring dengan penambahan content, pada bulan kedua ini Anda bisa mulai mencari tambahan inbound link. Untuk bulan kedua anda bisa mencari sekitar 10 sampai 15 Link. Bulan ketiga sampai keenam tambahkan masing-masing 20 link perbulan. Anda bisa mencari kurang lebih 25-30 link perbulan. Jangan melebihi jumlah ini hingga website anda berumur 1 tahun. Lakukan Secara Konsisten Jika dilakukan secara konsisten akan mendapatkan hasil yang baik, Maintenance terhdap content harus dilakukan secara berkala. Misalnya dengan melakukan penambahan halaman yang semakin banyak, secara tidak sengaja mungkin saja terdapat broken link yang sulit dideteksi, satu broken link saja bisa menurunkan rating website di Search Engine. Jadi gunakan tools broken link checker (www.dead-link.com) untuk memudahkan pekerjaan. Untuk blog dengan jumlah halaman yang banyak, menggunakan sitemap juga akan mempermudah search engine membaca keseluruhan dari content blog. Sitemap ini juga bisa dibuat dengan bantuan tools khusus (www.google.com/webmasters/tools/docs/en/sitemap-generator.html), sehingga tidak perlu repot-repot membuatnya secara manual.
Share on Google Plus

About Admin

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

3 comments:

  1. semoga artikelnya membantu saya dalam belajar SEO.
    sangat informatif artikelnya mas...keren.

    ReplyDelete
  2. makasih apresiasinya mas..

    ReplyDelete
  3. Mantap Artikelnya Mas Mohon Kunjungannya Mas He...He...

    ReplyDelete